Penyebab Kenapa Gerhana Matahari Bisa Terjadi

Penyebab Terjadinya Gerhana Matahari

26 Desember 2019, telah terjadi gerhana matahari cincin di sebagian daerah Indonesia. Gerhana matahari tersebut berlangsung dari jam 12 siang dan berakhir jam 2 siang.

Banyak orang yang bertanya, kenapa gerhana matahari bisa terjadi?

Baik, disini saya akan menjelaskan secara singkat kenapa gerhana matahari bisa terjadi.

Kenapa Bisa Terjadi?

Gerhana matahari terjadi karena posisi bumi, bulan, dan matahari berada pada sebuah garis lurus. sehingga cahaya matahari yang seharusnya diteruskan kebumi terhalang oleh bulan.

Gerhana Matahari Total
Gerhana matahari total terjadi karena bulan berada pada lintasan terdekat dari bumi, ukuran bulan tentu semakin besar jika dilihat dari bumi. Sehingga saat bumi, bulan, dan matahari berada pada satu garis lurus, seluruh cahaya dari matahari akan tertutup oleh bulan.

Gerhana Matahari Cincin
Gerhana matahari cincin terjadi karena bulan berada pada lintasan terjauh dari bumi, ukuran bulan tentu semakin kecil jika dilihat dari bumi. Sehingga saat bumi, bulan, dan matahari berada pada satu garis lurus, sebagian cahaya dari matahari akan tertutup oleh bulan. Maka cahaya matahari yang tidak tertutupi oleh bulan akan terlihat seperti lingkaran cahaya atau yang sering disebut dengan cincin.

Umbra dan Penumbra

Gambaran Saat Terjadi Gerhana Matahari
Gambaran Saat Terjadi Gerhana Matahari (id.wikipedia.org)
Umbra merupakan bayangan bulan yang paling maksimal. Umbra terjadi karena bulan dan matahari berada pada garis lurus. Sehingga bagian bumi yang terkena bayangan bulan penuh atau umbra akan mendapatkan gerhana matahari total.

Penumbra adalah biasan cahaya matahari yang terkena bagian sisi tepi bulan. Sehingga bagian bumi yang terkena penumbra akan mengalami gerhana matahari sebahagian.

Gerhana Matahari Total Terakhir

Pada jutaan tahun yang lalu, posisi orbit bulan dekat dengan bumi, sehingga mengakibatkan terjadinya gerhana bumi total secara terus menerus. Posisi orbit bulan terhadap bumi selalu menjauh sebesar 3,8 cm setiap tahunnya. sehingga akan diperkirakan sekitar 650 juta hingga 1,4 miliar tahun lagi gerhana matahari total akan berakhir.

Penampakan Wilayah Bumi Yang Terkena Gerhana Matahari

Bagian permukaan bumi yang terkena gerhana matahari jika dilihat dari satelit seperti noda hitam pada bumi.

Pengamatan Gerhana Matahari

Untuk mengamati gerhana matahari, dilarang mengamatinya secara langsung. Hal itu dikarenakan dapat merusak retina secara permanen. Sinar matahari yang terlihat saat gerhana memiliki sinyal radiasi yang sangat kuat. Oleh karena itu diwajibkan menggunakan filter atau kacamata filter untuk mengamati gerhana matahari.

0 Comments

Posting Komentar