Waspada, Dukungan Windows 7 Berakhir 14 Januari 2020

Dukungan Windows 7 Berakhir 14 Januari 2020

Setidaknya para pengguna Windows 7 di penghujung tahun 2019 ini mulai sedikit was-was. Hal ini lantaran kabar Microsoft sebagai induk Windows memberi informasi bahwa layanan dukungan untuk Windows 7 akan dihentikan pada tahun depan.

Microsoft sudah memberitahukan hal ini dari jauh-jauh hari. Bahkan saat Windows 10 pertama kali rilis dipasaran sekitar tahun 2015, Microsoft memberikan upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 original.


Tak sedikit pengguna Windows 7 mengabaikan fitur yang diberikan Microsoft tersebut. Hal ini wajar karena saat itu Windows 10 baru saja dirilis dan peluang mengalami bug sangat tinggi.

Memang bagi anda yang tidak begitu tertarik dengan fitur terbaru dan menggunakan laptop sebagai media untuk bekerja, Windows 7 sudah lah sangat rekomended. Fitur yang diberikan Windows 7 tidak jauh berbeda dari Windows 10. Namun dari segi tampilan Windows 10 unggul karena telah mengusung konsep modern.

Disini saya tidak mempermasalahkan fitur dan kelebihan dari Windows 7 maupun Windows 10. Yang menjadi permasalahan utamanya yaitu Microsoft sudah memberikan peringatan terakhirnya kepada pengguna Windows 7 di update an ataupun layanannya akhir-akhir ini. Peringatan tersebut berisikan informasi bahwa layanan Microsoft terhadap Windows 7 berakhir pada tanggal 14 Januari 2020.

Dikhawatirkan kepada pengguna windows 7 tidak akan mendapat update security resmi dari Microsoft lagi. Namun hal semacam ini bisa diatasi dengan meng-instal aplikasi Antivirus pihak ketiga.

Pemberhentian layanan terhadap Windows 7 ini dilakukan Microsoft agar bisa lebih fokus pada pengembangan Windows 10 yang sampai saat ini telah berada pada versi 1909 atau yang sering disebut dengan November Update. Windows 10 saat ini juga banyak dikeluhkan penggunanya karena masih terdapat bug pada sistemnya.

Microsoft secara khusus selalu meng-update security Windows 10 secara rutin. Update ini bertujuan agar security, privasi, dan kenyamanan pengguna Windows 10 selalu terjaga.

Selain itu, update besar-besaran juga dilakukan Microsoft terhadap Windows 10 setidaknya 2 kali setahun. Update an ini biasanya dilakukan Microsoft dengan merombak tampilan dan juga menambah fungsi terbarunya agar pengguna tidak bosan.

Apakah Sudah Saatnya Untuk Upgrade?

Apakah Sudah Saatnya Untuk Segera Upgrade

Upss, Jangan tergesa-gesa dulu mengambil keputusan.

Bagi anda yang belum sanggup untuk mencicipi Windows 10 ataupun sudah nyaman dengan Windows 7, masih bisa bertahan dengan Windows 7-nya. Tidak akan terjadi masalah selama tidak menggunakan software non original ataupun Windows 7 yang non original sehingga rentan terkena virus.

Namun bagi anda yang ingin untuk segera berpindah ke Windows 10, saya juga setuju. Karena selama saya menggunakan Windows versi 1909 yang di update bulan November 2019 kemaren, saya tidak menemukan bug dan masalah. Respon pengguna juga baik terhadap versi ini dibanding dengan versi lawas sebelumnya maupun versi 1903. Jadi jangan ragu untuk menggunakan Windows 10 saat ini.

Kesimpulan Saya Pribadi


Jadi kesimpulan saya yaitu dengan berakhirnya dukungan Microsoft terhadap Windows 7, pengguna Windows 7  mestinya waspada terhadap masalah keamanan. Pemberhentian dukungan yang diberikan oleh Microsoft itu berupa hal penting, yaitu update security system.

Selama pengguna masih menggunakan Windows 7 original, menggunakan software original tidak bajakan dan tidak mengunjungi situs yang rentan terhadap peretasan. Saya rasa sah-sah saja sobat untuk bertahan di Windows 7.

Lagian Windows 7 ngga jelek kok. Saya dulunya pengguna favorit Windows 7. Selama saya menggunakan Windows 7 original saya tidak mendapatkan masalah berarti walaupun tidak pernah melakukan update security.

Bagaimana menurut sobat? Mungkin ada sebagian yang setuju dengan kebijakan Microsoft ini, namun ada sebagian lagi yang kurang setuju.

Alangkah baiknya kita berdiskusi di kolom komentar. Share juga pengalaman sobat dalam menggunakan Windows 7 dan juga menggunakan Windows 10.

Jika sobat ada permasalahan, boleh bertanya di kolom komentar. Kita akan mencoba menyelesaikannya secara bersama dan tuntas :D

4 komentar


EmoticonEmoticon