Cara Screenshot Paling Mudah di Windows 10

Cara Screenshot Paling Mudah di Windows 10

Dalam membuat sebuah tutorial, kita memerlukan bukti yang tepat agar tutorial yang kita buat mudah untuk dipahami pembaca. Bukti tersebut dapat berupa sebuah gambar atau hal lainnya. Bukti gambar kita dapatkan dari gambar yang tayang pada layar kita. Namun kita tidak tahu bagaimana cara mengambil gambar yang tampil pada layar tersebut.

Terkadang ada orang yang mengambil tangkapan layar dengan cara mem-photo layar menggunakan kamera maupun ponsel. Tetapi ada cara yang mudah nya lho. Yaitu menggunakan fitur screenshot.

Pada kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara screenshot layar pada Windows 10 tanpa download aplikasi pihak ketiga. Di artikel ini saya akan menggunakan tool yang sudah disediakan oleh Windows 10.

Secara garis besar, pada artikel ini saya akan membahas cara screenshot dengan menggunakan tombol keyboard  PrtSc  dan menggunakan aplikasi bawaan Snip & Sketch Windows 10.

Mengenal Istilah Screenshot

Screenshot adalah sebuah istilah dalam komputer yang jika diartikan yaitu “Tangkapan Layar”.

Screenshot memiliki banyak kegunaan. Beberapa kegunaan screenshot yaitu:

  1. Membuat gambar langkah-langkah pengerjaan dalam artikel tutorial
  2. Sebagai bukti jika melakukan transaksi
  3. Membantu menyelesaikan masalah jika kita mengirimkan ke forum saat mengalami permasalahan Windows
  4. Dan banyak manfaat lainnya
Screenshot tidak hanya ada pada komputer dengan sistem operasi Windows, sistem operasi lainnya juga memiliki cara screenshot tersendiri. Sistem operasi Android juga memilki fitur screenshot.

Cara Screenshot di Windows 10 Paling Mudah

Disini saya memiliki 2 opsi untuk fitur screenshot. Keduanya sama-sama mudah digunakan.

1. Menggunakan Tombol PrtSc pada Keyboard

Tombol PrtSc

Di kebanyakan laptop saat ini dilengkapi dengan tombol  PrtSc  pada keyboard nya. Tapi banyak yang tidak menyadari hal tersebut. Banyak juga yang memilih menginstal aplikasi screenshot pihak ketiga.

Mengenal fitur PrtSc
PrtSc adalah kepanjangan dari Print Screen. Fitur ini bisa kita gunakan untuk screenshot layar. Namun kelemahannya, fitur ini tidak bisa untuk screenshot bagian tertentu. PrtSc hanya bisa untuk screenshot layar secara keseluruhan atau yang sering disebut full screen.

Cara screenshot layar dengan PrtSc
  1. Buka halaman aplikasi atau apapun yang ingin kita screenshot
  2. Setelah itu tekan tombol  PrtSc  pada keyboard
  3. Kemudian buka aplikasi photo editor seperti Photoshop dan CorelDraw. Jika ingin simpel dan tidak ribet, gunakan Paint
  4. Gambar yang di-screenshot tersimpan kedalam clipboard Windows 10
  5. Setelah aplikasi photo editor terbuka tekan tombol  Ctrl  untuk paste atau menempelkan gambar dari clipboard
  6. Kemudian save gambar pada photo editor tersebut ke folder kita
  7. Save dengan ekstensi file PNG, JPG/JPEG, dan ekstensi file gambar umum lainnya.

2. Menggunakan Shortcut Windows + Shift + S

Shortcut Snip & Sketch

Sama halnya dengan PrtSc, kali ini kita juga akan men-screenshot menggunakan shortcut. Namun shortcut yang ini lumayan panjang, menggabungkan tombol  Start Shift , dan 

Tombol tersebut ditekan secara berurutan dan ditahan ketiganya.

Oh iya penting, sebelumnya pastikan sudah ter-instal aplikasi Snip & Sketch di Windows 10 sobat. Jika belum ada, sobat bisa men-download nya pada Microsoft Store.

Cara screenshot menggunakan shortcut Windows + Shift + S (Snip & Sketch)
  1. Buka halaman yang ingin di-screenshot terlebih dahulu
  2. Tekan kombinasi tombol  Start  Shift  pada keyboard anda
  3. Kemudian terdapat 4 pilihan yang akan saya jabarkan sebagai berikut.
Mode pada Snip & Sketch

  • Rectangular Snip
Menu ini berfungsi menyeleksi halaman yang ingin kita screenshot dengan bentuk persegi ataupun persegi panjang. Menu ini sering saya gunakan untu membuat artikel tutorial, karena gambar yang dihasilkan bisa terfokus pada objek yang ingin kita jelaskan.

  • FreeForm Snip
Menu ini berfungsi menyeleksi halaman secara bebas. Kita bisa menyeleksi sebuah objek dengan utuh tanpa latar belakang. Cara ini sama halnya dengan masking pada photo editor.

  • Window Snip
Menu ini berfungsi untuk screenshot bagian tertentu saya pada tampilan Windows. Misalnya kita hanya ingin men-screenshot taskbar. Atau saat kita membuka Google Chrome kita hanya ingin men-screenshot aplikasi Google Chrome tersebut.

Kita cukup mengklik pada bagian mana yang ingin di-screenshot. Biasanya yang ter-screenshot berwarna biasa dan yang tidak ter-screenshot berwarna hitam transparan.

  • Fullscreen Snip
Menu ini berfungsi untuk me-screenshot layar secara penuh. Menu ini sama fungsinya dengan tombol  PrtSc  pada keyboard.

Bagaimana Cara Batal atau Exit dari Snip & Sketch?
Jika sobat sudah menekan kombinasi  Windows  Shift  namun ingin membatalkannya. Cukup mudah, hanya dengan menekan tombol  Esc  pada keyboard.

Jika sobat sudah menyeleksi halaman untuk di-screenshot dan ingin membatalkannya. Tekan saja tombol  Esc  pada keyboard, akan tetapi jangan lepaskan klik kiri mouse. Karena jika saat menyeleksi kita melepaskan klik kiri, daerah yang terseleksi itu langsung tersimpan di clipboard Windows.

Bisa juga dengan mengklik silang pada saat memilih mode screenshot seperti gambar diatas.

Cara Save Screenshot Snip & Sketch
Cara save screenshot Snip & Sketch cukup mudah. Kita tinggal mem-paste atau menempelkan screenshot yang tersimpan pada clipboard Windows.

Sobat bisa menggunakan aplikasi bawaan Windows Paint untuk menyimpan hasil screenshot. Cukup menekan kombinasi tombol  Ctrl  V , screenshot akan berpindah ke lembar kerja Paint. Kita tinggal save file screenshot ke folder yang kita inginkan.

Snip and Sketch Save

Atau sobat juga bisa mengklik notifikasi yang aktif setelah melakukan pengambilan screenshot. notifikasi ini juga bisa sobat lihat pada pusat notifikasi Windows 10.  Kita akan diarahkan ke aplikasi Snip & Sketch. Disana tinggal save screenshot tersebut. Jika sobat ingin meng-edit secara sederhana juga disediakan tool nya oleh Snip & Sketch.

Notifikasi Snip & Sketch

Snip & Sketch Tidak Ada pada Start Menu
Jika aplikasi Snip & Sketch sobat ngga ada di start menu, berarti aplikasinya belum ter-instal atau pernah kehapus. Sobat bisa men-download nya pada Microsoft Store.

Snip and Sketch Microsoft Store

Cukup cari pada search Windows “Microsoft Store”. Nanti ada gambar tas dengan 4 buah persegi berwarna. Buka aplikasinya lalu cari “Snip & Sketch” seperti gambar dibawah. Lalu sobat tinggal instal aplikasinya.

Kenapa Saat di-SaveScreenshot di Paint ada Latar Putih nya?

Gambar tidak penuh

Hal ini terjadi lantaran lembaran kerja yang sobat gunakan melebihi gambar screenshot yang ukurannya lebih kecil.

Geser lembaran kerja

Tips mengatasinya yaitu menjadikan lembaran kerja sekecil mungkin. Jangan khawatir hasil screenshot kecil. Hasil screenshot setelah kita paste, lembaran kerja nya akan sesuai dengan ukuran screenshot kita.


Oke mungkin sekian dulu artikel saya kali ini. Terimakasih telah berkunjung.
Jika ada pertanyaan bisa ditanya pada kolom komentar.

QnA (pertanyaan yang sering diajukan)

A : Bang, kok di Windows ku nggak ada Snip & Sketch nya?
B : Untuk permasalahan tersebut, sobat bisa baca lagi artikel saya diatas mengenai Download Snip & Sketch di Microsoft Store

A : Kok ngga download aplikasi pihak ketiga aja bang?
B : Kalau menurut saya malah ribet make aplikasi pihak ketiga. Mending aplikasi bawaan Microsoft yang Snip & Sketch itu. Lebih mudah gunainnya

A : Apakah aplikasi Snip & Sketch berbayar bang?
B : Tidak, aplikasi tersebut sebenarnya sudah bawaan Windows 10. Jadi gratis digunakan

A : Lebih bagus yang mana bang mode di Snip & Sketch itu?
B : Untuk hal ini tergantung kebutuhan sobat. Jika ingin men-screenshot layar secara normal, tapi lebih terkonsentrasi pada objeknya, pilih saja rectangular snip. Saya lebih biasa menggunakan mode yang ini.

A : Kenapa judul artikelnya Cara Screenshoot Paling Mudah di Windows 10? Emang cara disini paling mudah ya?
B : Sejauh yang saya tahu, ini cara yang paling mudah untuk screenshot di Windows 10. Saya sudah membuktikan nya.

0 Comments

Posting Komentar