Pengertian Blue Screen Windows 10 Secara Lengkap dan Jelas

Pengertian dan Penyebab Bluescreen pada Windows

Sedang presentasi tiba-tiba komputer ataupun laptop mengalami error lalu restart dengan sendirinya. Tentu hal tersebut menjadi moment paling memalukan bagi sang presentator, apalagi saat memimpin acara peluncuran produk terbaru, ataupun acara besar lainnya.

Hal ini pernah dialami presentator Microsoft saat mempresentasikan sebuah printer sebagai produk keluaran Microsoft yang terbaru. Saat akan menginstal driver printer tersebut, komputer yang ada dihadapannya mengalami blue screen dan dilihat secara jelas oleh tamu undangan acara tersebut melalui proyektor. Sang prensetator mulai kebingungan karena komputer sebagai media utama dalam presentasi itu mengalami error.

Blue screen menjadi hal yang paling menakutkan oleh pada pengguna Windows. Tak sedikit para pengguna Windows yang justru beralih ke sistem operasi lainnya karena tidak senang dengan hal tersebut.

Mengenal Blue Screen Of Death (BSOD)

Blue Screen Of Death (BSOD) merupakan sebuah pesan error yang ditampilkan secara full layar dengan latar berwarna biru terang. Pesan error menampilkan informasi mengenai kode error yang dialami dan informasi lainnya agar pengguna tidak kesulitan dalam mengatasi permasalah sistem operasi nya.

Apa Saja Penyebab Blue Screen Of Death (BSOD)?

1. Kerusakan pada file sistem
Penyebab umum dari blue screen yaitu kerusakan file Windows. File Windows yang corrupt atau rusak juga bisa menyebabkan terhentinya kinerja Windows, memaksa untuk restart dan kita harus menyelesaikan dahulu permasalahan error sesuai dengan info yang kita dapatkan.

2. Aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi hardware laptop
Aplikasi yang tak sesuai dengan spesifikasi hardware laptop akan menyebabkan blue screen. Hal ini dapat terjadi lantaran komponen komputer tidak compatible dengan aplikasi, sehingga Windows tidak sanggup memproses data dari aplikasi tersebut.

3. Aplikasi yang tidak sesuai dengan versi sistem operasi
Sama halnya dengan spesifikasi hardware laptop, blue screen juga akan terjadi jika sistem operasi yang digunakan tidak sesuai dengan yang direkomendasikan pihak developer aplikasi. Beberapa aplikasi ada yang hanya support pada beberapa operasi sistem saja.

4. Update driver yang gagal
Driver merupakan software yang mengendalikan penuh komponen hardware komputer kita. Terkadang masih ada bug ataupun masalah lainnya pada driver tersebut sehingga menyebabkan kurang optimalnya kinerja hardware kita.

Oleh karena itu pihak pengembang software yang bersangkutan selalu meng-update driver agar bug dan malasah lainnya teratasi sehingga kinerja komponen hardware tersebut maksimal.

Namun kegagalan dalam menginstal driver bisa berakibat fatal. Selain komponen tidak berfungsi sebagaimana mestinya, komputer kita juga berpeluang terkena blue screen.

Maka dari itu sebelum update, pastikan anda telah membuat restore point
Apa itu restore point? Nanti akan saya bahas pada artikel berikutnya

5. Kegagalan saat update dan upgrade windows
Update windows memang penting, mengingat banyaknya serangan ransomeware dan virus lainnya akhir akhir ini. Bahkan Microsoft senantiasa melakukan update Windows tiap awal bulan dan melakukan update besar-besaran setiap satu kali enam bulan.

Namun kita musti berhati-hati dalam melakukan update, karna jika gagal bisa saja blue screen akan muncul pada komputer sobat.

Selalu download update Windows melalui windows update ataupun situs resmi Microsoft agar terhindar dari kesalahan file atau file yang rusak.

Jangan lupa untuk selalu mencolokkan charger selama update dan upgrade berlangsung. Jika saat melakukan update ataupun upgrade baterai laptop kita habis, file sistem tidak akan seluruhnya tertulis dan menyebabkan kerusakan pada sistem operasi.

6. Memaksa menggunakan laptop hingga overheat
Menggunakan laptop secara paksa tidaklah baik. Hal itu akan merusak komponen yang ada didalamnya. Lebih baik kita menggunakan laptop sesuai dengan kebutuhan.

Overheat juga bisa menjadi dalang blue screen. Saya pernah mengalaminya beberapa kali. Disaat suhu laptop sudah tinggi, laptop saya langsung blue screen dan restart.

Untuk permasalahan overheat, sudah saya bahas lengkap pada artikel Bahaya Jangka Panjang Laptop yang Sering Overheat

Cara Mengatasi Blue Screen Secara Singkat

1. Tips yang pertama yaitu buatlah restore point
Disaat komputer tidak ada mengalami error sedikitpun usahakan membuat restore point atau didalam game bisa kita sebut check point. Restore point ini berfungsi jika sewaktu waktu file kita error, kita bisa mengembalikan ke setingan saat kita membuat restore point.

2. Membuat restore point sebelum mengistal driver, update Windows, dan upgrade Windows
Membuat restore point  memang hal yang penting terlebih saat sebelum kita mengistal driver, update Windows, dan upgrade Windows. Jika sewaktu waktu terjadi error saat peng-instalan, restore point akan berfungsi mengembalikan keadaan komputer ke kondisi saat kita sebelum membuat restore point. Sehinga seluruh error yang terjadi saat kita melakukan restore point akan hilang.

3. Berhati hati saat meng-instal aplikasi
Kesalahan dalam meng-instal aplikasi dapat menyebabkan blue screen.

4. Selalu teliti saat mengunduh aplikasi
Jangan sampai saat mengunduh file, tetapi yang terunduh malah yang tidak baik untuk laptop atau komputer kita.

5. Jangan menggunakan komputer hingga overheat
Overheat bisa berpeluang merusak komponen laptop anda. Overheat adalah panas yang berlebih dihasilkan komponen laptop saat memaksa menggunakan laptop atau komputer untuk tugas berat.

Untuk masalah overheat sudah saya bahas lengkap pada artikel Bahaya Jangka Panjang Laptop yang Sering Overheat

Maksud dari Kode Error Blue Screen Of Death (BSOD) Windows

Kode error yang di informasikan Windows saat terjadinya blue screen memiliki arti dan informasi perihal error yang dialami. Biasanya terdiri dari bilangan heksadesimal.

Untuk kumpulan list lengkap kode-kode error blue screen tersebut, anda bisa mengunjungi Blue Screen Error Code

Jadi itulah pengertian Blue Screen Of Death (BSOD) secara singkat dan jelas. Semoga sobat bisa setidaknya mengatasi error Blue Screen Of Death (BSOD) pada Windows tersebut dengan tips dan trik yang saya berikan.

Jika ada pertanyaan mengenai komputer, Windows, ataupun hal lainnya, bisa diajukan pada kolom komentar.

2 komentar

  1. Wahhh teman saya sering sekali terkena blue screen ini.. Kalau cara benerinnya saya belum terlalu paham sih, apalagi kalau blue screenya itu dah terjadi kan gak bisa diapa apain tuh.. Kira kira kalo udah terkena blue screen yang terjadi itu gimana ya cara kembalikan ke windows homenya lagi hha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Andrie, jika laptop mengalami blue screen, silahkan tunggu hingga proses nya selesai, kemudian laptop akan restart sendiri dan kembali ke home Windows
      Namun ini cara terakhir jika blue screen terus menerus pada laptop silahkan tahan tombol power selama 3 detik ya. Nanti hidupkan lagi laptop dan segera perbaiki masalah sesuai dengan penjelasan pada artikel diatas :D
      Semoga dapat membantu

      Hapus


EmoticonEmoticon